Kamis, 24 Juni 2010

Aku Suka Mata KuLiaH TeKoM

Sudah hampir dua semester aku kuliah di Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota Undip. Berjuta kenangan telah terlewati baik dengan senang, kecewa, atau pun sedih. Selama hampir dua semester ini ada salah satu mata kuliah yang sangat berbeda dengan mata kuliah yang lain. Kalau mata kuliah yang lain kebanyakan berisi tentang logika, ekonomi, penduduk, gambar, dan hitung-hitungan, mata kuliah ini malah berisi tentang bagaimana cara presentasi yang baik dan benar, tentang web/blog, karya ilmiah, desain grafis, dan juga tentang film. Mungkin ini merupakan mata kuliah yang tidak ada dijurusan lain. Mata kuliah ini sangat berhubungan dengan pengetahuan, skill, pengalaman, dan juga hati.
Dalam mata kuliah ini kita diberi bermacam-macam tugas. Mulai dari tugas individu sampai tugas kelompok. Kalau tugas kelompok adalah membuat karya ilmiah dan poster ukuran A4. Sedangkan tugas kelompoknya kita disuruh untuk membuat profil company yang berisi buku laporan, web, poster, dan juga film. Dalam tugas kelompok ini saya ikut dalam kelompok 4 yang memiliki jumlah anggota 9 orang. Di kelompok 4 ada saya, wiko, ratna, anis, melo, dhian, rarin, lupita, dan alam. Dalam kelompok ini, kebetulan aku juga diamanahi oleh teman-teman untuk menjadi ketua dan saya mencoba menggunakannya dengan sebaik mungkin. Menurutku, Ketua merupakan sebuah jabatan yang penting dalam sebuah kelompok. Ketua harus bisa memberi contoh yang baik kepada anggota dan bisa mengajak serta memotivasi anggota agar selalu semangat dalam mengerjakan tugas.
Dalam mengerjakan tugas besar ini kelompok kami dalam mengerjakannya berbagi tugas, namun lebih sering mengerjakannya bersama-sama satu kelompok. Sebagai ketua, saya telah banyak kehilangan pulsa karena harus mengirim sms ke temen-temen untuk mengerjakan tugas dan mengambil gambar film. Saya kadang juga pusing sendri karena harus bisa mensinkronkan waktu temen-temen saya agar tidak berbenturan dengan tugas yang lain saat mau mengerjakan tugas ini. Selain sebagai ketua saya juga ikut membantu mengerjakan poster dan buku laporan. Sebenarnya saya hanya bagian poster, namun karena dulu teman saya yang mendapat bagian laporan terpaksa harus pulang dulu beberapa hari karena ada acara, buku laporannya saya kerjakan. Saya juga banyak mencari materi-materi di internet untuk bahan dalam membuat laporan dan juga rajin bertanya ke senior-senior untuk menanyakan tentang tugas ini.
Dalam mengerjakan tugas ini, kami sekelompok mengucapkan terimakasih kepada Bapak Mardwi dan Ibu Nurini karena telah banyak membantu memberikan saran-saran serta arahan-arahan untuk membuat tugas ini menjadi lebih baik. Saya juga memiliki saran yang mungkin bisa menambah keseruan mata kuliah ini. Sebaiknya dalam membantu mengerjakan tugas, mata kuliah ini memerlukan seorang asisten. Sehingga kita jadwal asistensi menjadi lebih jelas dan tepat waktu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar